Home » Tips & Trik » Tips Olahraga di Bulan Ramadhan

Tips Olahraga di Bulan Ramadhan

Thursday, June 25th 2015. | Tips & Trik

Tips Olahraga di Bulan Ramadhan

Bagi anda yang sudah terbiasa berolahraga setiap hari atau beberapa hari dalam seminggu mungkin tidak ingin melewatkan berolahraga di bulan ramadhan. Lalu pertanyaannya adalah, apakah mungkin untuk melakukan olahraga di bulan ramadhan? Kebanyakan orang memandang bulan ramadhan sebagai salah satu bulan dimana mereka banyak kehilangan kekuatan, massa otot dan berpikir bahwa mereka tidak akan mampu melakukan beberapa kegiatan seperti olahraga.

Namun sebenarnya, jika anda menggunakan beberapa strategi yang dapat menguntungkan anda terutama untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi, menjaga hidrasi yang tepat serta memodifikasi hormon untuk pembakaran lemak, anda tetap bisa berolahraga walaupun mungkin intensitasnya tidak seperti di hari hari biasa.

Tips Olahraga di Bulan Ramadhan

  • 1. Makanan

Makanan yang anda konsumsi pada malam hari terutama pada saat sahur akan memainkan peranan penting pada kondisi tubuh anda di siang hari. Jika anda mengkonsumsi banyak makanan dari karbohidrat kompleks, maka kemungkinan besar anda akan memiliki kesempatan untuk melakukan olahraga. Selain itu, mengkonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup pada malam hari juga akan membantu tubuh anda tetap terhidrasi.

  • 2. Latihan beban saat berpuasa

Latihan beban selama berpuasa tidak dianjurkan. Hal ini karena dapat membuat kerusakan pada otot. Melakukan latihan angkat beban ketika dalam keadaan dehidrasi dapat menurunkan kekuatan secara signifikan. Jadi bisa dikatakan bahwa melakukan latihan angkat beban pada saat berpuasa justru merugikan bukan sebaliknya.

  • 3. Waktu terbaik untuk latihan angkat beban

Waktu terbaik untuk latihan angkat beban pada bulan ramadhan adalah setelah shalat tarawih di malam hari. Selain anda sudah memiliki banyak tenaga, makanan yang anda konsumsi serta air yang anda konsumsi akan memungkinkan menambah pertumbuhan otot dan juga untuk membakar kalori.

  • 4. Cardio

Sedangkan untuk olahraga seperti kardio, sangat dianjurkan melakukannya sebelum sahur. Tentu saja kebanyakan dari kita tidak akan mau bangun jam 3 pagi untuk melakukan cardio namun apabila anda melakukannya, anda bisa memulai dengan secangkir kopi kemudian tunggu 30 menit dan setelah itu anda bisa melakukan 30 45 menit cardio secara intens. Yang bisa anda lakukan antara lain jalan cepat dan juga berlari.

Berlari pada bulan ramadhan membutuhkan setidaknya 10 menit untuk memberikan manfaat maksimal dalam pembakaran lemak dan untuk menguatkan otot. Sprint selama 20 hingga 30. Dengan kecepatan penuh akan memberikan anda hasil yang juga tidak kalah baiknya.

  • 5. Sore hari

Sedangkan untuk sore hari, anda bisa melakukan latihan ringan seperti aerobik berjalan dan beberapa olahraga yang tidak terlalu membuat tubuh dehidrasi.

  • 6. Olahraga pagi

Olahraga di pagi hari tidak dianjurkan karena akan membuat tubuh anda menjadi lemas dan lesu pada siang harinya. Terlebih jika anda banyak kehilangan cairan karena berolahraga.

Demikian tadi Tips Olahraga di Bulan Ramadhan. silahkan mempraktekannya

Baca juga : tips-memilih-baju-untuk-anak-perempuan-pada-saat-lebaran

Cat : Tips & Trik,

Comment For Tips Olahraga di Bulan Ramadhan

Latest

Related Post