Home » Tips & Trik » Tips Mengatur Waktu Di Bulan Ramadhan

Tips Mengatur Waktu Di Bulan Ramadhan

Thursday, July 2nd 2015. | Tips & Trik

Tips Mengatur Waktu Di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan memang sedikit berbeda dibandingkan dengan bulan bulan yang lainnya. Bukan hanya sekedar karena bulan ramadhan kita berpuasa, melainkan juga banyak kegiatan keagamaan yang dilakukan pada bulan tersebut. Tidak hanya pada siang hari dimana aktivitas kita disita oleh pekerjaan, namun juga di malam hari dimana kita harus mempersiapkan diri untuk berbuka, shalat tarawih dan melakukan ibadah yang lainnya termasuk juga membaca ayat ayat suci al quran.

Bagi anda yang ingin mengetahui beberapa tips bagaimana caranya memanage atau mengatur waktu pada bulan ramadhan, berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Perencanaan

Jika anda ingin mengatur waktu dengan baik, anda harus mulai merencanakan manajemen waktu yang anda miliki. Tanpa perencanaan yang matang, tidak ada sesuatu yang bisa menunjukkan hasil positif. Begitu juga dengan merencanakan segala sesuatunya di bulan ramadan. Anda masih memiliki beberapa hari untuk merencanakan segala sesuatunya di bulan ramadhan nanti.

Untuk merencanakan kegiatan pada bulan romadon, kita bisa merujuk pada alquran yaitu untuk meningkatkan iman dan taqwa. Itu artinya bahwa secara keseluruhan, ramadhan merupakan bulan dimana kita bisa meningkatkan iman dan taqwa.

  • Hitung berapa banyak ibadah dan waktu yang anda miliki setiap hari

Pernahkah anda menyadari bahwa setiap hari kita memiliki 24 jam dan hanya menggunakan kurang dari 2 jam sehari untuk beribadah. Tentu saja hal tersebut sangat menyedihkan mengingat kita diciptakan dunia ini salah satunya adalah untuk beribadah kepada sang pencipta. Selain itu, banyak dari kita yang tidak mengenal islam tidak mengetahui hukum hukum islam dan banyak hal karena tidak memiliki kesempatan untuk membaca dan menggali serta belajar mengenai banyak hal.

Sekarang kita akan mencoba menambah jumlah jam untuk beribadah dan mengenal lebih jauh tentang islam di bulan ramadhan. Kita akan mencoba membagi waktu 24 jam yang kita miliki menjadi beberapa bagian. Yang pertama akan kita gunakan untuk beristirahat, yang kedua untuk bekerja yang ketiga contoh tanggung jawab keluarga dan sisanya untuk beribadah. Namun tentu saja setiap orang memiliki kehidupan yang berbeda beda dan cara menjalaninya yang berbeda juga.

Namun inti dari semua itu adalah bagaimana caranya agar kita bisa menambah jumlah jam untuk beribadah dan belajar di bulan ramadan. Agar bulan ini lebih bermanfaat dibandingkan dengan bulan bulan yang lainnya.

Jika kita secara spesifik meluangkan waktu untuk beribadah, biasanya setiap orang bisa memiliki 4 hingga 5 jam waktu untuk beribadah. Hal tersebut bisa dilakukan pada bulan ramadhan. Pertanyaannya adalah mengapa kita sering tidak memiliki waktu 4 hingga 5 jam untuk beribadah di luar ramadhan?

Namun secara realistis biasanya kita hanya memiliki sekitar tiga jam untuk beribadah di bulan ramadan. Untuk menyiapkan makanan, mengurus keluarga, beristirahat, memasak dan juga bersilaturahmi ke kerabat dan tetangga.

Jika kita bisa menyiapkan setidaknya tiga jam setiap hari untuk beribadah, dengan perincian satu jam untuk membaca al quran, satu jam untuk mempelajari islam dan satu jam untuk berdoa dzikir dan sholat kita bisa mendapatkan 90 jam dalam satu bulan. Itu adalah waktu yang sangat banyak dan tentu saja bisa memberikan banyak perubahan terhadap diri anda.

  • Tujuan

Anda bisa mendapatkan waktu yang konsisten setiap hari untuk beribadah, ini saatnya untuk membuat sebuah revolusi apa saja yang akan anda lakukan. Tujuan kita haruslah spesifik, dapat dicapai, realistis dan terikat dengan waktu.

Contohnya, jika anda bertujuan untuk mempelajari tafsir alquran di bulan ramadhan, berapa banyak waktu yang harus anda luangkan untuk menghabiskannya. Seringkali bila kita berpikir bahwa tidak mungkin untuk mempelajari tafsir hingga tuntas selama bulan ramadan.

Namun cobalah untuk misalnya menyelesaikan 800 halaman tafsir di bulan ramadhan ini. Anda tinggal membagi 800 halaman / 30 = 27, jadi rata rata setiap hari setidaknya kita harus membaca sekitar 27 halaman.

Apakah itu realistis?

Spesifik : Tafsir alquran

Ukuran : 27 halaman perhari

Target : 800 halaman di bulan ramadhan

Realistis : Ya, karena tafsir diperuntukkan agar mudah dimengerti.

Waktu : 1 jam perhari

Jika anda bisa menyelesaikan 800 halaman dalam waktu 1 bulan bayangkan berapa banyak pengetahuan yang anda dapatkan dibandingkan dengan tidak membaca sama sekali.

  • Alokasikan waktu untuk setiap tujuan

Untuk mengalokasikan waktu, anda tidak harus membaca satu jam penuh di satu hari melainkan anda bisa membaginya menjadi beberapa bagian menjadi tiga atau dua bagian. Anda bisa membaca setelah shalat tarawih sebelum tidur, kemudian membaginya lagi setelah subuh dan membaginya lagi untuk setelah shalat ashar.

Cat : Tips & Trik, tags:

Comment For Tips Mengatur Waktu Di Bulan Ramadhan

Latest

Related Post