Home » Pernikahan » Tips Memilih Cincin Pernikahan

Tips Memilih Cincin Pernikahan

Wednesday, October 22nd 2014. | Pernikahan

 

Menjelang pernikahan biasanya calon pengantin sedikit bingung ketika harus memilih cincin pernikahan. Hal ini cukup wajar pernikahan merupakan peristiwa sakral yang diharapkan berlangsung hanya sekali seumur hidup. Calon pengantin pasti ingin melalui momen istimewa ini dengan meninggalkan kesan special. Persiapan yang detail sangat dibutuhkan termasuk di antaranya pemilihan cincin kawin. Namun, sebenarnya sepenting apa sebuah cincin bagi calon pengantin? Cincin kawin merupakan simbol keabadian cinta dan kesetiaan di antara kedua pasangan sejak detik pertama mengucapkan janji pernikahan hingga maut memisahkan.

Dalam memilih cincin pernikahan, calon pengantin dapat mencari inspirasi model cincin pernikahan 2013 melalui internet, majalah atau jika punya banyak waktu bisa langsung mencari di beberapa toko perhiasan. Diskusikan dengan pasangan mengenai model dan bentuk cincin yang paling sesuai dengan keinginan berdua. Selain itu, pastikan bahwa harga cincin sesuai dengan anggaran. Sebaiknya tidak memaksakan diri membeli cincin yang harganya di luar budget. Walaupun cincin kawin itu sangat penting, namun ada hal-hal lain dari biaya pernikahan yang harus dipertimbangkan. Jadi, sebaiknya tidak boros di satu pos pengeluaran namun kekurangan di pos yang lain.

Beragamnya model dan harga cincin pernikahan bisa jadi akan membuat Anda kebingungan, oleh karena itu sebaiknya cari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli cincin pernikahan. Model cincin kawin berubah-ubah setiap waktu, sebaiknya Anda memilih model yang paling sesuai dengan kepribadian dan style Anda berdua. Model cincin yang sederhana dan klasik cenderung tidak mengenal usia sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang. Utamakan kenyamanan dalam memilih cincin kawin. Untuk mengukur diameter cincin, gunakan tali kecil atau benang yang dilingkarkan pada jari.

Mengenai ukuran cincin pernikahan memang sebaiknya tidak benar-benar pas dengan ukuran jari. Hal ini karena cincin akan dikenakan dalam waktu lama. Dalam jangka waktu tersebut ada kemungkinan bobot tubuh bertambah, khususnya bagi wanita yang nantinya mungkin akan hamil dan melahirkan. Jika memilih ukuran cincin pernikahan yang berukuran pas, dikhawatirkan nantinya tidak bisa dikenakan lagi apabila berat tubuh bertambah. Ukur cincin pada siang hari sebab saat itu ukuran jari umumnya sedikit lebih besar dibandingkan pada pagi hari. Sebaiknya tidak mengukur cincin ketika jari dalam keadaan dingin.

Ada beberapa jenis cincin pernikahan yaitu rounded-edge ring, high domed ring, flat ring. Rounded-edge ring bagian luarnya sedikit cembung dengan aksen tambahan di tengahnya. Aksen ini biasanya adalah batu berlian. Semakin besar batu berlian yang digunakan, semakin mahal harga cincin kawin tersebut. Sementara high-domed ring juga bagian luarnya sedikit cembung namun bagian tengahnya dibiarkan polos tanpa hiasan. Flat ring, adalah jenis cincin yang bagian luarnya berbentuk datar dan polos. Orang zaman dahulu biasanya menggunakan cincin kawin bentuk flat ini.

Dalam memilih cincin kawin, perhatikan juga kadar emasnya. Umumnya cincin kawin menggunakan emas 18 karat dengan kadar 75 % emas sehingga bentuknya tidak akan berubah untuk pemakaian sehari-hari. Emas 24 karat kurang cocok untuk dijadikan cincin kawin, karena terlalu lunak sehingga bentuknya mudah berubah. Alternatif bahan lain adalah cincin pernikahan platinum perak, namun harganya lebih mahal dibanding bahan emas. Cincin platinum juga umumnya berdesain klasik dan dapat dicampur dengan jenis logam lainnya. Agar cincin pernikahan yang berdesain minimalis menjadi lebih elegan, Anda bisa menambahkan variasi batu permata agar tampak lebih berkilau.

Deskripsi: Cincin pernikahan memiliki banyak model dan bahan pembuat serta harga yang sangat beragam sehingga pasangan pengantin harus memilih dengan seksama.

Cat : Pernikahan,

Comment For Tips Memilih Cincin Pernikahan

Latest

Related Post