Home » Ujian » Tips Jitu Agar Lulus Tes Psikologi

Tips Jitu Agar Lulus Tes Psikologi

Tuesday, October 21st 2014. | Ujian

 

Tes psikologi atau biasa dikenal psikotes ini seringkali digunakan saat perekrutan para karyawan, baik swasta maupun negeri. Tes psikotes ini sebenarnya meliputi kepribadian diri seorang karyawan yang akan bekerja di sebuah perusahaan. Tak jarang, seringkali seseorang terkecoh dengan soal-soal psikotes yang justru bisa dibilang sangat mudah. Psikotes sendiri sebenarnya memerlukan kecepatan waktu seseorang untuk memahami sebuah soal agar bisa menjawabnya dengan mudah. Meskipun Anda tepat menjawabnya, namun waktunya tidak cukup maka hasilnya pun tetap sama. Jadi, Anda perlu memahami bagaimana tips jitu menyelesaikan tes psikotes ini dengan tepat.

Nah, agar lebih memahami tes psikologi ini akan dijelaskan terlebih dahulu fungsi dan tujuan diadakannya psikotes tersebut untuk karyawan.

Pengertian dan Fungsi Tes Psikologi

Psikotes merupakan serangkaian aktivitas atau kegiatan untuk mengukur diri seseorang, entah itu kepribadian, kemampuan atau sebagainya. Nah, adapun fungsi dari tes psikologi ini adalah meliputi:

1. Fungsi seleksi

Fungsi utama diadakannya psikotes adalah untuk menyeleksi seseorang untuk mendapatkan kualifikasi yang ditetapkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Melalui psikotes inilah, sebuah perusahaan dapat memilih calon karyawan yang tepat untuk mengisi sebuah jabatan tertentu.

2. Fungsi klasifikasi

Fungsi dari tes psikologi selanjutnya adalah untuk klasifikasi, yaitu untuk mengelompokkan seseorang atau individu ke dalam sebuah kelompok yang memiliki masalah serupa. Dalam sekolah, biasanya untuk mengklasifikasikan para siswa dalam suatu program tertentu secara khusus.

3. Fungsi deskripsi

Nah, untuk fungsi deskripsi ini menjelaskan tentang tes kepribadian seseorang, atau mendeskripsikan diri seseorang. Disini jugalah kita bisa mengetahui karakter, minat, kemampuan dan bakat seseorang.

Nah, dari fungsi-fungsi inilah seseorang bisa mengetahui bagaimana mendeskripsikan orang lain melalui psikotes tersebut. Biasanya bentuk soal dari psikotes ini meliputi, berhitung cepat, analogi, pengetahuan sederhana, identifikasi kata, seri angka dan seri huruf, test relasi bentuk, test menggambar, ketelitian, diksi, analogi, posisi kata, dan lain sebagainya.

1. Tes Analog Verbal Test

Biasanya tes ini kita temui saat mengikuti psikotes dengan berisikan 40 soal tentang analog/antonim atau sinonim sebuah kata. Test ini mengutamakan kemampuan logika seseorang pada suatu kondisi. Adapun tips untuk memecahkan soal tes ini adalah Anda cukup menghafal jawaban maupun soal yang diberikan. Karena umumnya soal yang diberikan hampir sama tiap kali mengikuti psikotes ini.

2. Tes Logika Aritmatika

Kita seringkali menjumpai soal deret angka dalam psikotes. Test Aritmatika ini mencoba kemampuan menganalisa seseorang terhadap pola-pola tertentu. Adapun tips menyelesaikan soal ini adalah jangan terlalu terpaku pada satu soal saja terutama jika Anda tidak bisa menyelesaikan salah satu soal yang diberikan, Anda harus sering melatih diri sendiri dengan cara mengerjakan soal-soal test logika aritmatika sebelumnya.

3. Tes Kraepelien

Tes test psikologi ini biasanya berupa gugusan dari angka-angka yang disusun dengan cara membujur membentuk lajur-lajur. Nah, pada tes ini biasanya peserta test harus menjumlahkan dua angka di setiap kolom yang berdekatan, lalu menuliskan hasilnya di sampingnya. Adapun tips untuk mengerjakan tes kraepelien ini adalah pastikan hasil dari jumlah angka setelah dijumlahkan di setiap kolom harus stabil, gunakan pensil biasa untuk mengisinya dan jangan memakai pensil mekanis, pusatkan konsentrasi Anda saat mengerjakan tes kraepelien ini.

4. Tes Logika Penalaran

Tes yang terdiri dari deretan gambar berupa 2 atau 3 dimensi ini membutuhkan kemampuan seseorang untuk memahami pola berupa gambar. Adapun tips mengerjakan soal tes ini Adalah harus teliti dan benar-benar berkonsentrasi, karena biasanya gambar-gambar yang ditemukan sangat mirip meskipun tidak sama.

Nah, itulah fungsi dan serangkaian tips jitu agar lulus test psikologi untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Deskripsi: Tes psikologi atau biasa dikenal psikotes ini seringkali digunakan saat perekrutan para karyawan, baik swasta maupun negeri.

Cat : Ujian,

Comment For Tips Jitu Agar Lulus Tes Psikologi

Latest

Related Post