Home » Laporan » Seminar Akuntansi bukan hanya untuk profesi akuntan

Seminar Akuntansi bukan hanya untuk profesi akuntan

Monday, October 20th 2014. | Laporan

 

Jika kita mendengar kata akuntansi, maka yang terpikir oleh kita adalah ilmu tentang hitung menghitung, dimana kita telah mendapatkan ilmu akuntansi ini sejak kita masih duduk di bangku SMP. Meski demikian, secara tidak sadar kita sebenarnya telah mendapatkan ilmu ini sejak kita masih sangat kecil, bahkan sejak baru belajar belanja. Namun secara akademis, kita baru akan mendapatkannya setelah kita sekolah. Meski begitu, tidak terlalu banyak ilmu akuntansi yang dapat kita pelajari saat kita di SMP atau SMU. Hal ini disebabkan adanya keterbatasan waktu yang disediakan untuk menuntut ilmu, selain itu juga pada tahap sekolah memang belum waktunya untuk terlalu jauh mengetahui ilmu akuntansi ini karena ilmu in terlalu rumit, sehingga kita hanya akan mendapatkan dasarnya saja. Namun di luar itu, seminar akuntansi seringkali di adakan oleh instansi-instansi terkait dengan tujuan-tujuan yang sangat bagus.

Seminar akuntansi sendiri sebenarnya tidak hanya ditujukan oleh para akuntan. Memang tujuan utamanya untuk mereka, namun nyatanya ilmu akuntansi banyak dilakukan oleh masyarakat awam, yang bahkan mungkin saja mereka tidak mengerti apa arti dari ilmu akuntansi itu sendiri. Ini menunjukkan bahwa akuntansi memang penting untuk dipelajari. Karena bagaimanapun, kita tidak bisa terlepas dari ilmu hitung-menghitung. Namun untuk penghitungan yang sistematis dan akurat, maka kita akan sangat membutuhkan ilmu ini.

Meskipun menjadi akuntan itu mudah, itu tidak boleh menjadikan kita menjadi orang yang berhenti di tempat dan tidak mau menambah ilmu sehingga akan cepat menyerah ketika bersaing di pangsa pasar nasional. Karenanya, untuk menjadi orang yang dapat menguasai teknologi informasi, serta memiliki ilmu yang luas adalah keputusan yang tepat bagi Anda untuk mengikuti seminar akuntansi yang sering diadakan oleh pihak-pihak terkait.

Ketika Anda mengikuti seminar akuntansi, disana Anda akan mendapatkan ilmu sesuai dengan yang Anda inginkan. Karena dalam seminar Anda boleh bertanya sesuai dengan kebutuhan yang tentunya menyangkut dengan seminar tersebut, begitu juga ketika Anda mengikuti seminar yang lain. Mengikuti seminar, akan membuat Anda merasa seperti sedang kuliah. Dan itu tidak salah. Seminar memang seperti kuliah namun sifatnya lebih informal. Beberapa universitas di Eropa bahkan menganggap seminar ini adalah kuliah, apalagi jika dibawakan oleh orang terkenal. Anggapan ini bahkan tidak melihat seberapa banyak mahasiswa atau audiens yang datang.

Akuntansi sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu akuntansi manajemen, akuntansi perusahaan dan akuntansi perpajakan. Ketika diadakan seminar akuntansi, biasanya kita hanya membahas tentang salah satunya saja, meskipun ada juga yang membahas akuntansi secara umum. Jika Anda menghadiri seminar akuntansi, maka Anda akan mendapatkan manfaat yang tidak akan Anda dapatkan sebelumnya. Karena ilmu akuntansi sendiri memiliki manfaat yang sangat bagus, yaitu ketika kita menerapkannya dalam pekerjaan kita, maka kita akan menjadi orang yang jujur dan dapat mengelola dana dengan benar.

Menjadi seorang akuntan tidaklah sulit, kita hanya perlu mencatat, menghitung jumlah dari pemasukan dan pengeluaran yang ada, lalu menyimpannya dalam tempat yang aman, kemudian mencocokkan antara jumlah angka dan jumlah uang yang ada, dan yang terakhir adalah membuat laporan dari keuangan itu sendiri. Namun demikian, dibalik itu semua kita harus bertanggung jawab dengan apa yang telah kita kelola, jadi tidak sekedar tahu teori akuntansi saja. Itu sebabnya, banyak diadakan seminar akuntansi, yang ternyata akuntansi akan membuat kita menjadi orang jujur, jika dilihat dari teori penjabarannya.

Deskripsi: Seminar akuntansi yang kita ikuti dapat memberikan beberapa manfaat, yaitu proses penghitungan perusahaan yang menerapkan ilmu akuntansi akan lebih rapih.

Cat : Laporan,

Comment For Seminar Akuntansi bukan hanya untuk profesi akuntan

Latest

Related Post