Home » Pembelajaran » Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Secara Umum

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Secara Umum

Sunday, October 26th 2014. | Pembelajaran

 

Pendidikan kewarganegaraan diberikan untuk para siswa agar siswa mempunyai wawasan berkebangsaan, cinta tanah air, dan juga mempunyai rasa turut andil dalam pembelaan negara. Bayangkan jika ratusan juta calon pemimpin kita tidak mengerti dan tidak peduli pada bangsanya sendiri. Jika mereka tidak memiliki jiwa kewarganegaraan, maka tidak akan ada wujud kasih sayang mereka untuk negara yang saat ini mereka tempati. Untuk itu, pengertian pendidikan kewarganegaraan sangat penting untuk diberikan kepada para generasi penerus bangsa.

Secara umum, pengertian pendidikan kewarganegaraan dapat diartikan sebagai langkah demokrasi yang bertujuan untuk menjadikan warga berpikir kritis tentang kelangsungan negara dan dapat bertindak demokratis. Apabila pemberian materi tentang pendidikan kewarganegaraan telah tercapai, maka manfaatnya dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Adapun manfaat pengertian pendidikan kewarganegaraan adalah sebagai berikut:

1. Mampu berfikir secara dewasa (logis, kritis, dan kreatif) dalam menghadapi permasalahan negara.

2. Orang yang paham dengan pengertian pendidikan kewarganegaraan tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan negara.

3. Mempertanggungjawabkan apa yang ia lakukan baik dalam bertingkah laku sehari-hari secara individu maupun secara berkelompok dan bermasyarakat

4. Menyerap perkembangan-perkembangan positif yang dapat membentuk pemikiran sesuai dengan karakter hidup masyarakat Indonesia dan dapat berteman dengan negara-negara tetangga

5. Berinteraksi dengan negara lain dengan mematuhi peraturan dunia yang telah disepakati secara nyata maupun dengan menggunakan informasi teknologi

Dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang memiliki keberagaman suku, bahasa, agama, dan bahasa maka pengertian pendidikan kewarganegaraan sangat diperlukan. Bangsa Indonesia yang sangat beragam ini tidak bisa berjalan dengan baik apabila tidak ada rasa saling menghargai dan toleransi. Karena perbedaan suku dan budaya inilah yang mengakibatkan adanya perbedaan yang jika tidak di tanggapi secara serius maka dapat menimbulkan perpecahan dari berbagai aspek.

Perkembangan cara berfikir pemuda yang tidak didasarkan pada pengertian pendidikan kewarganegaraan akan mengakibatkan terjadinya hal-hal yang merugikan seperti berikut:

§ Terjadinya kesalahpahaman pada penyikapan masalah yang tidak dipikirkan secara logis, kreatif dan kritis akan mengakibatkan perpecahan

§ Terjadi adu pendapat bahwa suku tertentu, agama tertentu, bahasa tertentu atau budaya masyarakat tertentu merasa lebih baik dan menganggap orang di luar golongannya jelek.

§ Sikap masa bodoh dan abai terhadap negara dan permasalahannya.

§ Sikap memberontak pada pemerintahan negara karena dipicu oleh ras

§ Sikap tidak bertanggung jawab dengan apa yang ia lakukan karena merasa apa yang baik untuknya adalah benar dan seterusnya

Melalui pengertian pendidikan kewarganegaraan ini maka diharapkan siswa dapat memahami konstitusi dan hukum yang berlaku di NKRI sehingga sikap abai pada setiap tingkah laku tidak akan tercipta. Selain itu juga memberikan pemahaman pada cara berfikir siswa bahwa pancasila dan undang-undang dasar tahun 1945 bukanlah hanya sekedar jimat yang di ucapkan pada saat upacara bendera. Pendidikan pada era 90an masih menggunakan pertanyaan-pertanyaan seputar undang-undang dasar dan pancasila serta para pejabat negara.

Namun pendidikan beberapa tahun belakangan ini bahkan tidak mengenalkan undang-undang dasar pada pelajaran kecuali pada saat diadakan upacara, hal ini menyebabkan rasa berkebangsaan anak-anak didik kurang tumbuh secara optimal. Sehingga tujuan untuk menerapkan pengertian pendidikan kewarganegaraan belum dapat dikatakan tercapai. Agar pencapaian dapat terwujud dengan sempurna maka seharusnya mulai mengenalkan kembali tokoh-tokoh yang pernah memperjuangkan bangsa ini, dan juga tokoh-tokoh yang saat ini duduk di Majelis Perwakilan Rakyat.

Deskripsi: Pengertian pendidikan kewarganegaraan dapat diartikan sebagai langkah demokrasi yang bertujuan untuk menjadikan warga berpikir kritis.

Cat : Pembelajaran,

Comment For Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Secara Umum

Latest

Related Post