Home » Pembelajaran » Pengertian Filsafat Pendidikan Kaitannya Dengan Pendidikan Dan Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian Filsafat Pendidikan Kaitannya Dengan Pendidikan Dan Kehidupan Sehari-Hari

Monday, October 27th 2014. | Pembelajaran

 

Peranan filsafat dan filsafat pendidikan sangat erat kaitannya. Karena filsafat mencoba merumuskan citra masyarakat dan manusia sedangkan pendidikan berusaha untuk mewujudkan citra tersebut. Pendidikan sendiri sebenarnya adalah upaya untuk mengembangkan diri manusia pribadi untuk dapat tercapai menjadi manusia yang berbudi, berakal, mempunyai daya cipta dan berkarakter yang dapat berfungsi untuk kehidupannya kelak. Jadi pengertian filsafat pendidikan bisa kita artikan sebagai upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik baik potensi fisik potensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya.

Pengertian filsafat pendidikan dan ruang lingkupnya

Sedangkan yang menjadi pembeda antara filsafat dan filsafat pendidikan yaitu, filsafat memiliki ruang lingkup yang luas, sedangkan filsafat pendidikan memiliki ruang lingkup yang lebih sempit karena hanya ada di dunia filsafat pendidikan saja. Pengertian filsafat pendidikan mempunyai tujuan yang sangat bagus dalam kehidupan kita. Adapun ruang lingkup dari ilmu filsafat itu sendiri adalah:

Ø Tentang pengertian syarat-syarat dan metodenya

Ø Ada dan tiadanya sesuatu juga merupakan ruang lingkup ilmu filsafat ini

Ø Bahkan dijelaskan juga bahwa ala dan isinya ini merupakan ruang lingkupnya

Ø Melihat dan menentukan hal yang baik, jelek, salah, dan juga sebuah kebenaran

Ø Hakikat sebagai manusia, alam, dan segala isinya beserta keberadaan Tuhan

Adapun yang menjadi ruang lingkup filsafat yaitu

Ø Pengetahuan, seperti: memuat logika formil seperti mempelajari hukum-hukum logika yang mencakup untuk semua ilmu pengetahuan. Dan memuat logika materiil kritik seperti asal pengetahuan, alat-alat pengetahuan, bagaimana pengetahuan dibentuk, kebenaran dan kebatilan dan seterusnya.

Ø Tentang hal yang tidak terlihat atau apakah metafisika itu ada atau ontology: apakah kesempurnaan itu ada? apakah metafisika itu?, tujuan dan sebab akibatnya dan sebagainya

Ø Tentang kosmologi, yaitu membicarakan tentang asal muasal, struktur, susunan dari alam semesta.

Pengertian filsafat pendidikan adalah suatu aktivitas yang teratur yang menjadikan filsafat itu sendiri sebagai sang pengatur, jadi filsafat pendidikan memang sangat besar pengaruhnya pada kehidupan ini. Ilmu filsafat bahkan mengupas tentang adanya Tuhan dan mengupasnya secara gamblang hingga tidak menjadikan kita berfikir bahwa Tuhan itu antara ada dan tiada.

Pengertian filsafat pendidikan adalah suatu sistem yang mengatur dan menentukan teori dari ilmu pengetahuan dan prakteknya dengan dilandasi atau dijiwai oleh filsafat hidup bangsa Indonesia yang berasaskan Pancasila yang kemudian diabadikan demi mencapai kepentingan bersama yang dicita-citakan bangsa Indonesia. Sehingga fungsi filsafat kaitannya dengan kebangsaan bisa juga berarti sebagai aktivitas yang teratur yang menjadikan filsafat sebagai pengatur, menyelaraskan dan memajukan kehidupan bangsa untuk mencapai kehidupan yang selaras dan seimbang.

Dalam kaitannya dengan ilmu pendidikan, pengertian filsafat pendidikan memberikan petunjuk dan arah dari pengembangan teori ilmu pendidikan menjadi ilmu pendidikan itu sendiri atau pedagogik. Dalam praktek ilmu pendidikan yang didasarkan oleh filsafat pendidikan, maka akan menimbulkan bentuk dan gejala tertentu yang sesuai dengan yang tersirat oleh filsafat itu. Karena itu dapat kita artikan bahwa filsafat pendidikan adalah petunjuk sedangkan teori dari pendidikan itu adalah ilmu yang mengikuti dan melaksanakan petunjuk itu.

` Pengertian filsafat pendidikan diberikan untuk berbagai ilmu dalam ruang lingkup pendidikan, agar kita lebih memahami tentang hakikat dari ilmu yang diberikan. Sebagai pengatur, ilmu filsafat dapat menjadikan ilmu pendidikan sebagai kesatuan yang harmonis, dinamis, organis, kesatuan yang berguna sebagai pencapaian hidup kemanusiaan. Dan dalam prakteknya, ilmu filsafat ini dapat mempengaruhi kegiatan sosial atau sifat dan sikap yang ia lakukan sehari-hari dalam pergaulannya dengan masyarakat dan keluarga. Pengaruh positif dari ilmu inilah yang nantinya akan membuat kita menjadi seseorang yang kritis, teoritis, dan dapat bersikap fleksibel ketika mendapatkan suatu problematika dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Deskripsi: Pengertian filsafat pendidikan dapat kita artikan sebagai upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik.

Cat : Pembelajaran,

Comment For Pengertian Filsafat Pendidikan Kaitannya Dengan Pendidikan Dan Kehidupan Sehari-Hari

Latest

Related Post