Home » Laporan » Penataan susunan acara seminar yang benar

Penataan susunan acara seminar yang benar

Tuesday, October 21st 2014. | Laporan

 

Pernahkah Anda menjadi seorang Master of ceremony atau yang biasa disebut MC? Jika ya, tentu Andalah yang akan membacakan susunan acara. Namun, pernahkah Anda membuat susunan acara dalam seminar? Jika kita pelajari lebih dalam, sebenarnya tidak beda jauh susunan acara rapat dengan susunan acara seminar namun memang ada beberapa perbedaannya. Sebagai bahan pertimbangan Anda, berikut ini kami berikan contoh susunan acara seminar.

Susunan acara Seminar kewirausahaan

Senin, 5 Agustus2013

Waktu (WIB)

Kegiatan

Keterangan

08-08.15

Opening Performance

Pemutaran video

08.15-08.30

Pembukaan

MC

08.30-08-50

Menyanyikan lagu Indonesia Raya

Panitia

08.50-08.55

Sambutan dari ketua pelaksana

panitia

08.55-09.00

Sambutan dari Ketua umum koperasi Amanah

Panitia

09.00-09.05

Sambutan dari bapak lurah Bumiharjo

Panitia

09.05-09.10

Sambutan dari bapak camat kemalang

Panitia

09.10-09.40

Pembicara 1

Moderator

09.40-10.10

Pembicara 2

Moderator

10.10-11.00

Sesi Tanya Jawab

Moderator

11.00-11.30

Doorprize

Panitia

11.30-12.00

Penutupan

Panitia

Susunan acara seminar seperti diatas bisa saja berubah jika MC sebagai pemegang kendali atas acara tidak tegas dalam membatasi waktu. Biasanya, pada sesi pembukaan sering kali terjadi perpanjangan waktu karena beberapa hal seperti, audiens atau justru pihak yang harus mengisi sambutan tidak datang tepat waktu, pengisi sambutan terlalu bertele-tele dalam sambutannya, atau terjadinya insiden di luarschedule sebagai contoh, tiba-tiba mati lampu dan tidak tersedia genset sehingga tempat yang di pakai menjadi gelap dan komunikasi tidak bisa berjalan dengan lancar, jadi harus menunggu hingga kebutuhan listrik tersedia kembali.

Pada dasarnya, susunan acara seminar dibutuhkan untuk mengatur waktu agar jalannya seminar tidak terlalu lama sehingga membosankan atau terlalu cepat sehingga tidak tercapai apa yang seharusnya menjadi tujuan dari seminar tersebut. Pada beberapa kasus sering kita temui, penguluran waktu menjadi sangat panjang. Hal ini membuat suasana menjadi sangat membosankan. Jadi jika ini terjadi dan Anda adalah seorang MC, maka Anda harus mengadakan hiburan disela-sela acara yang membuat audiens menjadi bosan. Seperti setelah serentetan sambutan berlangsung. Hiburan tidak harus mendatangkan oleh band atau campur sari, dengan melakukan nyanyian pendek atau memberikan yel-yel penyemangat selama lima menit saja sudah cukup mencairkan kembali suasana yang sudah hampir membeku.

Pembuatan susunan acara seminar harus dilakukan secara berurutan, jangan sampai Anda membuat susunan acara secara acak. Sebagai contoh, sehabis acara sambutan sebaiknya segera serahkan acara kepada pembicara, atau Anda boleh menyela dengan yel-yel untuk mencairkan suasana. Karena tidak mungkin Anda akan meletakkan sambutan di belakang acara. Acara bisa menjadi sangat kacau ketika Anda membuat acara secara acak. Dan kemungkinan terparah adalah acara yang Anda bawakan akan bubar.

Akibat negatif yang lain ketika Anda membawakan sebuah seminar tanpa susunan acara seminar yang benar adalah, kegiatan yang telah tersusun sejak awal akan terlupa. Padahal, akibat dari lupa ini akan membuat acara menjadi berjalan tak terarah. Sehingga, apa yang menjadi tujuan dari seminar tidak akan tercapai. Dan acara seminar bisa dikatakan gagal.

Tidak ada salahnya Anda mencari referensi tentang susunan acara seminar yang benar demi kelancaran jalannya seminar. Referensi itu bisa Anda dapatkan melalui informasi orang yang lebih berpengalaman atau dari berbagai sumber lain seperti dari internet atau dari buku-buku yang mengarah kepada hal itu. Seminar merupakan diskusi dari dua arah, yaitu antara audiens dan moderator, jadi tidak ada yang boleh terlihat lebih menonjol. Jangan lupa untuk menawarkan waktu bertanya ketika penjelasan tentang suatu hal telah selesai dikerjakan. Mendominasi waktu dan terlalu banyak bicara dengan tujuan agar terlihat pintar atau tujuan lain, akan membuat suasana menjadi tidak kondusif.

Deskripsi: Susunan acara seminar yang benar adalah dilakukan secara berurutan, jangan sampai membuat susunan acara secara acak.

Cat : Laporan,

Comment For Penataan susunan acara seminar yang benar

Latest

Related Post