Home » Pembelajaran » Pembelajaran Berbasis Masalah Fasilitasi Investigasi Dan Dialog

Pembelajaran Berbasis Masalah Fasilitasi Investigasi Dan Dialog

Sunday, October 26th 2014. | Pembelajaran

 

Pernahkah Anda bosan ketika mengikuti pembelajaran ketika sekolah atau saat sekolah? Jika ya, maka hal ini disebabkan oleh cara sistem pengajaran guru atau dosen yang hanya menganggap Anda sebagai objek, yang itu berarti Anda harus menerima masukan materi yang disampaikan sebanyak apapun atau secepat apapun materi yang disampaikan tanpa memandang kemampuan Anda dalam menerima materi itu sendiri. Maka hal ini akan menyebabkan kebosanan, ngantuk, tidak bersemangat dalam belajar karena cara penyampaian yang itu-itu saja dan suasana kelas menjadi lesu. Namun, jika cara pembelajaran diganti dengan pembelajaran berbasis masalah, maka keadaan akan lain.

Lalu, apakah yang disebut dengan pembelajaran berbasis masalah itu? Pembelajaran berbasis masalah adalah proses belajar dimana para siswa mempelajari sebuah masalah secara nyata, yang bertujuan agar siswa lebih kritis dalam menghadapi masalah. Contoh soal ketika baru akan dimulai pelajaran untuk kelas 1 SD, begitu guru masuk, sodorkan pertanyaan nyata yang pasti semua murid bisa menjawabnya seperti “selamat pagi anak-anak? Sudahkah kalian mandi pagi hari ini?”, maka ketika murid menjawab “sudah” segera sodorkan pertanyaan berikutnya yang pertanyaan itu akan membutuhkan pemikiran ringan untuk otak seperti “kalian tahu tidak, apa gunanya mandi?“, maka mereka akan menjawab dengan berbagai macam variasi jawaban.

Dengan cara pembelajaran berbasis masalah seperti ini, maka anak akan lebih kreatif dalam berfikir, sehingga cara kerja otak lebih maksimal karena dibiasakan untuk selalu berfikir. Cara kerja otak seseorang bisa di ibaratkan seperti pisau, jika digunakan tiap hari maka akan memberikan manfaat yang baik, tapi jika jarang digunakan maka mata pisau akan berkurang ketajamannya. Namun, dalam penggunaannya pun, harus disertai dengan materi yang berbeda setiap harinya. Dengan demikian, cara kerja otak akan terus meningkat setiap harinya

Jika Anda ingin mulai mengubah cara pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah, maka agar tercipta suasana yang terus kondusif, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Ø Awali pelajaran dengan masalah nyata seputar kelas

Ø Kelompokkan materi pelajaran yang ada dalam masalah

Ø Berikan tanggung jawab besar kepada murid untuk belajar dengan mandiri

Ø Buatlah kelompok kecil

Ø Kemudian mintalah kepada murid untuk mendemonstrasikan apa yang telah dipelajari

Pembelajaran berbasis masalah memang sangat beda dengan pembelajaran yang selama ini kita dapatkan, karena disini peran guru adalah sebagai penyedia masalah, kemudian menyodorkan beberapa macam pertanyaan yang bervariasi, dan memfasilitasi investigasi dan dialog. Jadikan kelas merupakan tempat untuk para murid bertukar ide, dan melakukan segudang kreatifitas, bukan hanya sekedar ruangan sebagai saksi bahwa telah terjadinya pelepasan dan penangkapan materi. Guru dalam kelas bertugas untuk mengarahkan proses pembelajaran, agar murid mampu menjawab setiap permasalahan secara logis dan sistematis.

Proses Pembelajaran berbasis masalah mengarah pada pemikiran para peserta didik selama mereka terlibat dalam proses belajar, bukan pada apa yang mereka kerjakan dalam proses pembelajaran. Lalu, bagaimanakah ciri-ciri dari pembelajaran ini? Menjadi salah satu ciri dari pembelajaran berbasis masalah apabila seorang murid tidak hanya melakukan duduk, diam dengar didalam kelas. Melainkan murid yang mau berfikir, berkomunikasi, beroperasi, dan berkesimpulan. Kemudian menjadi ciri yang lain juga apabila selalu terdapat masalah yang diarahkan untuk selalu ada penyelesaiannya. Jawaban dengan cara mengarang atau tidak logis bukanlah menjadi sebuah ciri dari pembelajaran berbasis masalah ini.

Deskripsi: Pembelajaran berbasis masalah mengarah pada pemikiran para peserta didik selama mereka terlibat dalam proses belajar.

Cat : Pembelajaran,

Comment For Pembelajaran Berbasis Masalah Fasilitasi Investigasi Dan Dialog

Latest

Related Post