Home » Pembelajaran » Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Dapat Memotivasi Siswa

Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Dapat Memotivasi Siswa

Sunday, October 26th 2014. | Pembelajaran

 

Pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan antara siswa dan guru baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Keberhasilan dalam pembelajar banyak dilihat dari hasil belajar. Salah satu factor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah motivasi belajar. Jika motivasi rendah, maka hasil belajar juga akan ikut rendah. Namun, jika motivasi belajar siswa tinggi maka kemungkinan hasil belajar yang baik sangat besar. Sayangnya, untuk membangkitkan motivasi belajar membutuhkan strategi khusus. Macam-macam strategi pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi belajar adalah strategi pembelajaran aktif, strategi pembelajaran kooperatif, dan strategi pembelajaran inovatif dan kreatif.

Macam – Macam Strategi Pembelajaran Aktif untuk Membangkitkan Motivasi Siswa

Strategi pembelajaran aktif, membuat siswa dapat aktif dalam pembelajaran di dalam kelas. Dengan siswa ikut berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, maka siswa akan memiliki motivasi yang tinggi. Dibandingkan dengan mereka yang hanya duduk manis di dalam kelas. Macam-macam strategi pembelajaran aktif antara lain:

1. Point Counter Point

Strategi pembelajar aktif ini membagi siswa ke dalam kelompok kecil untuk membahas isu-isu terkait dengan materi pembelajaran. Isu yang diangkat adalah isu yang sedang populer di masyarakat. Sehingga akan lebih mengena pada diri siswa. Setelah itu masing-maisng kelompok harus memberikan tanggapan atas isu yang diberikan

2. Learning Start With A Question

Macam-macam strategi pembelajaran ini diawali dengan siswa membaca materi yang diberikan oleh guru. Siswa harus mencatat materi yang belum dipahami dan membuatnya menjadi sebuah pertanyaan. Setiap pertanyaan yang dibuat dikumpulkan menjadi satu. Setelah itu, guru menjelaskan materi dari pertanyaan yang ditulis oleh siswa.

3. Information Search

Macam-macam strategi pembelajaran yang memberikan pertanyaan kepada siswa terkait dengan materi yang akan diajarkan. Siswa harus mencari jawaban pada buku, majalah, Koran, internet. Atau media lainnya. Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Barulah guru menjelaskan kembali pertanyaan yang dijawab oleh siswa.

Macam-Macam Strategi Pembelajaran Kooperatif untuk Membangkitkan Motivasi Siswa

Macam-macam strategi pembelajaran kooperatif yang dapat guru praktekkan di dalam kelas antara lain:

1. TAI

Dalam strategi TAI, siswa dibagi ke dalam kelompok. Setiap anggota kelompok harus menguasai materi yang berbeda-beda. Siswa harus memeriksa pekerjaan anggota kelompok lainnya. Jika terjadi kesulitan, maka anggota lainnya harus memberikan bantuan. Meskipun bekerja dalam kelompok, setiap siswa harus bertanggung jawab terhadap setiap materi yang diberikan.

2. Jig Saw

Macam-Macam Strategi Pembelajaran ini membagi siswa ke dalam kelompok. Setiap siswa diberikan materi yang berbeda-beda. Setelah setiap siswa mempelajari materi yang diberikan, siswa harus mempresentasikan materi secara bergiliran di dalam kelompoknya.

3. Reciprocal Teaching

Strategi pembelajaran tersebut mengharuskan siswa untuk bekerja sama dalam kelompok yang terdiri dari 2 orang saja. Setelah itu, masing-masing siswa mengajukan pertanyaan kepada pasangannya, begitu pula sebaliknya.

Macam-Macam Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif untuk Membangkitkan Motivasi Siswa

Selain strategi pembelajaran aktif dan kooperatif, seorang guru juga harus mengetahui macam-macam strategi pembelajaran inovatif dan kreatif yang meliputi:

1. Contextual teaching and learning

Strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk melakukan tanya jawab tentang permasalahan-permasalahan actual yang terdapat dalam kehidupan nyata. Dengan kegiatan tersebut, maka siswa akan berfikir lebih kreatif terhadap sebuah masalah yang actual.

2. Problem Solving

Macam-Macam Strategi Pembelajaran berupa strategi problem solving ini dimulai dengan memberikan sebuah problem actual di masyarakat tentunya berkaitan dengan materi pembelajaran. Siswa harus menemukan pemecahan masalah yang tepat terhadap masalah yang diajukan.

3. Index Card Match

Strategi pembelajaran yang mengharuskan siswa mencocokkan beberapa kartu yang berisi pertanyaan dan juga jawaban. Namun kartu tersebut sudah diacak, sehingga memberikan kesempatan kepada siswa untuk berfikir kreatif dan inovatif.

Semua Macam-Macam Strategi Pembelajaran di atas harus diterapkan dengan menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Sebelum memulai pembelajaran, Anda juga harus terlebih dahulu mengkondisikan kelas dengan sebaik mungkin.

Deskripsi: Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran meliputi Strategi pembelajaran aktif, kooperatif, inovatif, dan kreatif.

Cat : Pembelajaran,

Comment For Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Dapat Memotivasi Siswa

Latest

Related Post