Home » Pembelajaran » Kumpulan Dongeng Binatang Sebelum Tidur

Kumpulan Dongeng Binatang Sebelum Tidur

Thursday, October 30th 2014. | Pembelajaran, Unik

 

Demi perkembangan sang buah hati, dongeng binatang biasanya menjadi salah satu solusi yang tepat. Terutama jika sang anak mengalami kesulitan tidur, Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir. Karena Anda bisa mengakalinya dengan membacakan dongeng sebelum tidur pada anak-anak. Selain itu, membacakan dongeng pada anak membantu tingkat kemampuan berbicara anak dalam menguasai kosakata baru yang ada di dalam cerita. Tak hanya itu, membacakan dongeng juga meningkatkan kemampuan berpikir anak, dan sebagai sarana untuk mendekatkan hubungan orang tua dengan anak.

Apalagi jika Anak Anda sudah memasuki usia-usia bersekolah, apabila Anda sering membacakan dongeng binatang pada anak maka akan membuat pikiran anak lebih segar dan membuat rasa lelah mereka setelah beraktivitas seharian di sekolah bisa terobati. Untuk itu, bunda harus selalu bersedia membacakan dongeng binatang sebelum tidur untuk anak-anak bunda. Agar anak menjadi lebih cerdas, dan juga mengasah wawasan bunda menjadi lebih luas.

Agar bunda tidak bingung ingin membacakan dongeng apa, ini dia kumpulan dongeng binatang untuk anak agar anak lebih paham mengenai arti persahabatan, saling mengasihi dan lain sebagainya berikut ini:

1. Dua Ekor Kambing.

Pada suatu hari, ada dua ekor kambing yang sedang berjalan dengan gagahnya, kambing-kambing tersebut berjalan berlawanan arah di pegunungan yang sangat curam. Namun secara kebetulan, kedua ekor kambing tersebut bersama-sama tiba tepat di tepian jurang dengan air sungai yang mengalir deras di bawahnya. Untuk melewatinya, mereka menggunakan sebuah pohon yang jatuh sebagai jembatan namun jembatan ini terlalu kecil untuk dilewati oleh dua ekor tupai sekalipun apalagi untuk dilewati oleh dua ekor kambing secara bersamaan. Namun, dengan rasa sombong dan angkuhnya kedua ekor kambing tersebut tidak merasa takut bahkan tak ada satupun kambing yang mau mengalah untuk memberikan jalan pada kambing lainnya. Hingga pada akhirnya, kedua ekor kambing tersebut bertemu tepat di tengah jembatan. Meskipun begitu, kedua kambing tetap pada pendiriannya untuk tidak memberikan jalan kepada satu sama lain. Keduanya pun akhirnya saling dorong satu sama lain menggunakan tanduk mereka, hingga akhirnya kedua ekor kambing tersebut terjatuh ke dalam jurang bersamaan, lalu terbawa aliran air sungai yang deras tepat berada di bawah jurang. Nah, dari dongeng binatang ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kita harus mengalah demi kebaikan diri sendiri maupun orang lain, jika tidak ingin celaka.

2. Seekor Anjing dan Bayangannya

Bunda pernah mendengar cerita ini? Jika belum, ini dia ceritanya. Suatu hari ada seekor anjing yang sedang berlari-lari dengan riangnya menuju rumahnya karena telah mendapatkan tulang dari seseorang. Dalam perjalanan, si anjing tersebut kemudian melewati jembatan kecil yang di bawahnya terdapat air sungai. Kemudian ia berjalan sambil menunduk ke bawah sungai dan mendapati bayangannya yang ia kira adalah seekor anjing lainnya yang juga sedang membawa sebuah tulang. Namun karena bayangannya terlihat lebih besar, jadi si anjing mengira anjing lain tersebut membawa tulang yang lebih besar. Ia tidak pernah berpikir sama sekali bahwa anjing yang dilihatnya adalah bayangannya sendiri. Hingga ia akhirnya langsung menjatuhkan tulang tersebut yang dibawanya, lalu hendak mengambil tulang yang dibawa anjing lain yang tak lain adalah bayangannya dan melompat ke dalam sungai. Anjing bodoh dan serakah ini akhirnya terpaksa harus berenang di dalam sungai hingga menuju ke tepian. Ketika ia tiba, akhirnya anjing tersebut hanya merasakan kesedihannya dan termenung ketika ia menyadari tulang yang dibawanya sudah tidak ada. Akhirnya si anjing menyadari kebodohan dirinya. Dari dongeng binatang ini, pesan yang dapat dipetik adalah keserakahan hanya akan menimbulkan kebodohan yang akhirnya membuat ia tidak mendapat apa-apa.

Nah, itulah kumpulan dongeng binatang yang bisa bunda bacakan sebelum anak-anak tidur. Dalam dongeng-dongeng di atas, banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik. Jadi, bunda juga bisa sekalian menjelaskan isi pesan yang terkandung dalam dongeng binatang tersebut!

Deskripsi: Dongeng binatang merupakan salah satu solusi yang tepat untuk perkembangan anak-anak. Membacakan dongeng pada anak membuat anak lebih cerdas.

Cat : Pembelajaran, Unik,

Comment For Kumpulan Dongeng Binatang Sebelum Tidur

Latest

Related Post