Home » Psikologi » Fungsi dan Arti Penting Psikologi Olahraga

Fungsi dan Arti Penting Psikologi Olahraga

Thursday, October 23rd 2014. | Psikologi

 

Psikologi olahraga merupakan sebuah ilmu psikologis yang berkaitan dibidang olahraga. Hal ini biasanya termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi seorang atlet baik secara langsung maupun dari luar. Jadi, dalam ilmu psikologi olahraga ini hanya kita perlu mengetahui kondisi kejiwaan seorang atlet olahraga. Psikologis bagi seorang atlet olahraga ini sangat penting untuk mengetahui sejauh mana atlet tersebut mampu menguasai bidang olahraga yang digelutinya.

Dikenalnya psikologis olahraga ini tak lain berasal dari Amerika Utara, yang saat itu seorang psikolog mengamati alasan-alasan mengapa para atlet dari dalam sepeda justru lebih cepat mengayuh sepedanya ketika bertanding secara berpasangan ataupun berkelompok, daripada ketika mereka bersepeda tanpa pasangan. Hal inilah yang disebut dengan adanya faktor psikologis olahraga dari seorang atlet, yaitu keberadaan orang lain yang mempengaruhi psikologis diri seorang atlet balap sepeda tersebut.

Fungsi Psikologi Olahraga

Berikut ini adalah fungsi dari psikologis olahraga:

1. Memberikan solusi saat atlet stress.

Ya, seorang atlet tentunya adalah manusia juga yang terkadang memiliki emosi yang tidak stabil. Jika tidak dikendalikan maka lama kelamaan akan menyebabkan konsentrasi berkurang. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi atlet tersebut. Dari sinilah pelatih sebaiknya memberikan tindakan dengan mengarahkan sang atlet dan memberikan semangat atau motivasi agar sang atlet bisa mendapatkan kembali rasa percaya dirinya. Karena menurut psikologi olahraga sendiri, hal ini merupakan sebuah gangguan emosional sang atlet.

Sebagai sang pelatih sebaiknya mampu membuat para atlet lebih bersemangat dengan memberikan suntikan motivasi. Tekanan memang kerap kali seseorang. Hal inilah yang membuat kondisi kejiwaan seorang atlet terganggu. Jika tidak oleh pelatih, atlet juga bisa langsung dibawa ke psikolog agar bisa mengurangi perasaan tertekan yang membebaninya. Dukungan dari semua pihaklah yang dapat membantunya untuk menumbuhkan kembali semangat yang dimilikinya. Sehingga ia bisa mengendalikan konsentrasi saat latihan untuk mengikuti pertandingan.

2. Mengubah seseorang dari zero to hero

Sebuah ilmu psikologi olahraga ini sangat diserukan dibidang olahraga untuk mengetahui kondisi kejiwaan seorang atlet. Setiap atlet yang mewakili suatu negara tentunya membutuhkan pengakuan atas kemampuan dirinya sendiri. Oleh karena itu, seorang atlet yang mengalami gangguan baik secara mental maupun fisik harus segera mendapat bimbingan secara intensif supaya kondisi emosional dari para atlet tetap stabil, hingga mereka siap untuk mengikuti kompetisi ataupun Olimpiade.

Selain itu, atlet juga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak sehingga ia menjadi lebih termotivasi. Timbal baliknya adalah mereka akan terus bangkit dihadapan motivator-motivatornya dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka untuk menjadi pemenang. Nah, disini pulalah peran seorang psikolog untuk selalu disamping para atlet agar memberikan motivasinya untuk para atlet.

3. Membangkitkan prestasi sang atlet

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dimana kondisi psikologis seorang atlet bisa mempengaruhi konsentrasinya dan tentunya juga membuat prestasi lebih menurun. Kita bisa lihat para atlet di negara-negara maju yang memperlihatkan prestasi mereka yang memuncak. Hal ini tidak lain dikarenakan semakin berkembangnya penerapan psikologi olahraga yang sangat pesat, sehingga mempengaruhi prestasi yang dimilikinya.

Selain itu, atlet yang diberikan pelatihan mental dan fisik sebelumnya membuat para atlet lebih siap menghadapi pertandingan yang akan dihadapinya. Pelatihan fisik inilah yang dapat mempengaruhi jiwa para pemain atau atlet yang akan bertanding. Jiwa para atlet semakin dipecut hingga dalam diri mereka tertanam rasa pengorbanan dan perjuangan demi bangsa dan negara dan bukan untuk diri sendiri. Sehingga bisa menanamkan rasa semangat yang tinggi untuk memicu usaha yang keras, berjuang untuk bangsa dan negara tercinta.

Nah, itulah tujuan dan arti pentingnya sebuah psikologi olahraga untuk para atlet. Semoga bermanfaat!

Deskripsi: Psikologi olahraga merupakan sebuah ilmu psikologis yang berkaitan dibidang olahraga. Kondisi kejiwaan seorang atlet sangat mempengaruhi prestasinya.

Cat : Psikologi,

Comment For Fungsi dan Arti Penting Psikologi Olahraga

Latest

Related Post