Home » Laporan » Contoh Notulen Seminar dan pengertian notulen

Contoh Notulen Seminar dan pengertian notulen

Monday, October 20th 2014. | Laporan

 

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang contoh notulen seminar, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu tentang pengertian notulen. Jika kita runut dari kamus besar bahasa Indonesia, notulen atau notula mempunyai makna catatan singkat mengenai jalannya persidangan/rapat serta hal yang dibicarakan dan diputuskan. Jadi notulen bisa juga diartikan sebagai ringkasan atau catatan singkat mengenai hasil rapat yang bersifat ringkas, padat, singkat, sistematis dan menyeluruh. Hal ini diharapkan dapat mengingatkan kembali bahwa pernah ada pembahasan pada rapat, sehingga dapat diketahui seberapa sukses jalannya rapat tersebut. Selain itu, notulen juga mempunyai fungsi sebagai pemantau, apakah tujuan dari pertemuan yang tertulis dalam notula telah berhasil dilaksanakan atau tidak.

Berikut ini adalah contoh notulen seminar

Notulen

Seminar kewirausahaan membangkitkan jiwa entrepreneur di kalangan pemuda dan calon pelaku usaha.

Tujuan : Untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan sehingga pemuda dan calon pelaku usaha tidak terlalu mengharapkan dana bantuan dari pemerintah.

Waktu : Senin, 5 Agustus 2013

Tempat : kelurahan Sidoarjo, Kemalang

Moderator : Rahman al Fariz

Peserta : pelaku usaha kecil dan menengah kecamatan kemalang

Susunan Acara Contoh Notulen Seminar:

1. Sambutan dari moderator

2. Penyaji menyampaikan seminar

3. Sesi tanya jawab

4. Kesimpulan

5. Penutup

Pelaksanaan contoh notulen seminar:

1. Pelaksanaan dibuka oleh moderator dengan ucapan salam, latar belakang diadakannya seminar dan narasumber dari pengusaha muda Adi Nugroho. MBA

2. Penyaji menyampaikan pada audiens bahwa jangan sampai kita menjadi seorang pengangguran hanya karena susahnya mencari lowongan pekerjaan yang ada seperti di pabrik-pabrik atau mengikuti PNS. Karena bahkan dengan berjualan nasi kucing saja, kita bisa mendapatkan keuntungan yang bisa jauh lebih besar dari pada gaji yang ditawarkan oleh pabrik. Selanjutnya, penyaji juga menyampaikan kriteria-kriteria usaha kecil dan menengah yang bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah. Yaitu usaha yang bisa dipertanggungjawabkan keberadaannya mencakup proses dari usaha yang dilakukan karena nantinya, akan diadakan survey oleh lembaga tertentu untuk menentukan layak dan tidaknya usaha tersebut dibantu. Untuk usah-usaha kecil dan menengah yang membutuhkan bantuan, bisa menghubungi bank BRI atau melalui UPK (Unit Pemberdayaan Kecamatan), atau koperasi-koperasi yang tidak menggunakan bunga tinggi.

3. Sesi tanya jawab

1. Saya memiliki usaha ternak sapi, tapi kalau saya pinjam pada bank saya harus mengembalikan pinjaman saya bulan depan. Padahal, ternak sapi tidak bisa disamakan dengan jualan nasi kucing atau kelontong. Kami baru mendapatkan hasilnya setelah beberapa bulan kemudian. Jadi bagaimana solusinya?

Jawab: Sebenarnya, untuk usaha-usaha yang seperti ini bisa dibicarakan di depan tentang bagaimana kesepakatan dalam hal pembayarannya. Yang saya tahu bank BRI menyediakan untuk usaha seperti ini. Jadi untuk lebih jelasnya, Anda bisa bertanya pada pihak bank.

2. Saya ingin sekali usaha, tapi ketika saya melakukannya yaitu berjualan toko kelontong, usaha saya selalu bangkrut. Sudah tiga kali saya jatuh bangun. Apakah penyebab dari jatuh bangunnya usaha saya ini? Mengingat saya hidup di kampung dan banyak yang hutang.

Jawab: Untuk usaha jual beli, memang tidak akan bisa berjalan jika sering ada yang hutang, apalagi Anda mencampuradukkan uang hasil penjualan dengan kebutuhan yang memerlukan uang besar seperti menghadiri kondangan dan sebagainya. Sebaiknya, Anda bersikap tegas pada pembeli. Prinsip ada uang ada barang harus dijalankan. Kemudian catat pendapatan Anda setiap hari beserta pengeluarannya.

4. Kesimpulan: Dari presentasi contoh notulen seminar yang disajikan oleh penyaji dapat disimpulkan bahwa untuk melakukan usaha, pemerintah telah memikirkan solusinya melalui subsidi bank. Dan dalam melakukan usaha kita harus memiliki manajemen yang kuat sehingga tidak terjadi jatuh bangun.

5. Penutup

Demikian contoh notulen seminar ini ditulis sebagaimana mestinya.

Deskripsi: Contoh Notulen Seminar memiliki fungsi sebagai pengingat, bahwa pernah ada pembahasan rapat, sehingga dapat diketahui seberapa sukses jalannya rapat tersebut.

Cat : Laporan,

Comment For Contoh Notulen Seminar dan pengertian notulen

Latest

Related Post