Home » Laporan » Cara Membuat Laporan Kegiatan Seminar Yang Benar

Cara Membuat Laporan Kegiatan Seminar Yang Benar

Monday, October 20th 2014. | Laporan

Laporan kegiatan seminar merupakan laporan yang dibuat oleh tim yang melaksanakan event tersebut setelah kegiatan seminar selesai. Laporan kegiatan tersebut biasanya dibuat sebagai catatan bahwa kegiatan seminar tersebut sudah selesai dilaksanakan. Catatan ini nantinya akan dijadikan arsip dan dijadikan materi pertanggungjawaban kepada pihak yang membiayai kegiatan tersebut. Sebuah Laporan kegiatan juga dapat bisa menjadi materi evaluasi mengenai keberhasilan atau ketidak berhasilan kegiatan seminar tersebut. Dengan demikian, jika diperlukan bisa dilakukan beberapa perbaikan khususnya jika acara seminar serupa akan diadakan kembali.

Jika ini pertama kalinya Anda ditugaskan untuk membuat laporan kegiatan seminar bagi acara yang Anda tangani, Anda mungkin memerlukan contoh laporan kegiatan acara yang jelas dan detail agar Anda bisa membuat laporan dengan lebih mudah, cepat dan efisien. Sebuah laporan kegiatan umumnya terdiri dari panduan untuk perbaikan rencana kegiatan selanjutnya, panduan dalam pengambilan kebijakan yang dilakukan, alat bukti kegiatan sudah dilaksanakan dan juga bahan untuk monitoring dan evaluasi bagi kegiatan yang sedang dilaksanakan. Laporan kegiatan seperti ini umumnya dilakukan secara tertulis walaupun ada juga atasan yang lebih suka laporan lisan.

Mengingat Laporan kegiatan seminar umumnya adalah laporan formal dan detail, maka diperlukan kemampuan untuk menuliskannya secara lengkap dengan tata bahasa yang baik dan baku. Contoh laporan kegiatan organisasi atau seminar tersebut harus dibuat secara sistematis dan mencakup hal-hal seperti kegiatan apa yang dilakukan, alasan kegiatan tersebut dilakukan, pihak mana yang menyelenggarakan, waktu dan tempat kegiatan dan proses pelaksanaannya. Sedangkan untuk formatnya harus terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup. Dalam laporan kegiatan untuk seminar, bagian pendahuluan harus memuat latar belakang kegiatan dan dasar hukumnya serta maksud dan tujuan diadakannya kegiatan seminar tersebut. Sebagai contoh laporan kegiatan seminar pendidikan harus dijelaskan mengapa kegiatan tersebut diadakan dan untuk apa, apakah untuk membahas tata cara pelaksanaan kurikulum 2013 atau membahas masalah-masalah yang dihadapi pengajar dalam menerapkan kurikulum tersebut. Semuanya harus cukup jelas dituliskan dalam bagian pendahuluan.

Sedangkan untuk bagian isi dari laporan kegiatan seminar adalah detail yang lebih spesifik mengenai jenis kegiatan, tempat dan waktu, pihak pelaksana, peserta dan berbagai persiapannya. Dalam bagian ini dapat pula dijelaskan mengenai hambatan dan kesulitan teknis yang terjadi di lapangan ketika seminar berlangsung. Kendala-kendala apa yang ditemui dan bagaimana pihak penyelenggara mengatasinya. Bagian ini cukup penting sebagai bahan evaluasi nantinya. Pada bagian akhir perlu disebutkan pula mengenai hasil kegiatan dan juga kesimpulan serta saran.

Untuk bagian penutup dari Laporan kegiatan seminar, sebaiknya berisikan ucapan terima kasih kepada pihak pemberi tugas dan juga para penyandang dana. Kita bisa juga menuliskan harapan-harapan mengenai kegiatan serupa atau kerja sama di masa yang akan datang. Supaya laporan kegiatan tersebut tidak terasa membosankan saat dibaca, maka Anda sebaiknya membuat laporan secara singkat, padat dan jelas dengan bahasa yang formal namun sederhana. Penulisan juga sebaiknya dibuat sistematis agar mudah dimengerti.

Laporan kegiatan seminar sebaiknya dapat mencakup semua detil kegiatan walaupun dijelaskan secara singkat. Selain itu, sebagai tambahan laporan dengan desain dan cover yang menarik akan membuat orang tertarik untuk membacanya. Lampirkan juga foto-foto selama kegiatan berlangsung dan juga copy dari dokumen-dokumen pendukung seperti surat ijin, kwitansi dan dokumen-dokumen lainnya yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan seminar tersebut.

Deskripsi: Laporan kegiatan seminar harus dibuat dengan singkat dan jelas namun mencakup segala sesuatu yang sudah terlaksana dalam seminar yang diselenggarakan tersebut.

Cat : Laporan,

Comment For Cara Membuat Laporan Kegiatan Seminar Yang Benar

Latest

Related Post