Home » Uncategorized » Beberapa judul seminar yang bisa menjadi acuan

Beberapa judul seminar yang bisa menjadi acuan

Monday, October 20th 2014. | Uncategorized

 

Anda mungkin pernah atau bahkan sering mengikuti seminar. Atau, jika Anda adalah panitia sebuah instansi yang ingin mengadakan seminar, pasti Anda sangat membutuhkan judul seminar yang akan Anda pakai. Seminar biasanya diadakan oleh universitas atau sebuah organisasi. Seminar sendiri berasal dari bahasa latin yaitu seminarum yang berarti tanah tempat menanam benih. Jadi, jika Anda ingin menentukan judul untuk seminar Anda, perhatikan langkah-langkah berikut:

● Pelajari materi untuk mendapat judul seminar yang pas

Pemahaman materi sangat penting, karena jika Anda tidak paham dengan materi yang akan disampaikan, maka akan berakibat fatal. Selain jalannya seminar tidak terarah, materi yang akan disampaikan tidak akan sampai kepada audiens.

● Judul dari seminar harus bisa menjelaskan topik bahasan

Karena judul merupakan sebuah identitas dari topik pembahasan, maka judul harus dibuat dengan bahasa yang lugas, singkat, dan menarik, namun tetap mampu menjelaskan inti materi tanpa penjelasan

● Fokuskan materi sehingga mendapat judul seminar yang sesuai

Materi yang disampaikan pada saat seminar harus terarah dan fokus. Karena jika tidak fokus, maka tujuan dari seminar tidak akan dapat tercapai dengan klimaks. Yang ada, para peserta seminar akan membawa pulang segudang pertanyaan tanpa jawaban.

Nah, jika Anda telah yakin dengan apa yang ingin Anda sampaikan maka, segeralah mencatat beberapa opsi yang mungkin bisa menjadi bahan referensi untuk penentuan judul Anda nanti. Dukung pemilihan judul dari seminar Anda dengan memperbanyak membaca buku-buku yang berhubungan dengan materi yang ingin Anda sampaikan. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari buku-buku yang pernah Anda tulis tahun lalu yang pastinya, tidak melenceng jauh dengan materi yang akan Anda sampaikan dalam seminar nantinya.

Sebelum judul seminar ditentukan, ada baiknya juga jika Anda mencatat beberapa literatur bacaan agar ketika kita mengadakan interaksi dengan audiens nanti, kita tidak kehilangan pengetahuan secara tiba-tiba. Sebab biasanya ketika kita berada di depan, tekanan akan semakin berat karena seluruh peserta yang ada di ruangan akan terfokus pada kita. Jadi, pasti sedikit banyak akan timbul rasa grogi. Namun beda halnya ketika kita telah benar-benar menguasai materi. Maka meskipun sejuta peserta memandang Anda, Anda akan tetap menikmati posisi Anda yang sedang menjadi pusat perhatian. Jadi, jangan biarkan kecerdasan Anda hilang hanya karena salah judul seminar.

Judul seminar yang Anda pilih harus dapat menjelaskan materi yang sedang Anda sampaikan. Maka Anda tidak boleh hanya berpegangan pada satu buku, atau satu guru. Karena kadang-kadang ketidak suksesan jalannya seminar disebabkan oleh terjadinya penyimpangan antara apa yang telah direncanakan dengan yang terjadi pada waktu seminar berlangsung. Namun ketika ini terjadi, Anda tidak perlu panik. Anda harus tenang, lalu ingat kembali apa yang pernah anda pelajari. Lalu jelaskan sesuai dengan kemampuan Anda agar masalah yang timbul tidak semakin melebar.

Ketika masalah melebar, maka Anda dapat menghentikan masalah itu dengan posisi Anda disitu. Jangan lupa untuk menyampaikan maaf atas keterbatasan ilmu yang Anda miliki. Karena sebenarnya Anda tidak harus menjelaskan semua pertanyaan yang diajukan oleh audiens jika pertanyaan itu sudah mulai menyimpang dari materi yang Anda sajikan. Anda hanya perlu memberikan pengertian kepada mereka bahwa apa yang audiens pertanyakan sudah berada di luar judul seminar. Jadi, pastikan materi Anda cukup untuk menjawab kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan.

Deskripsi: Judul seminar yang Anda pilih harus dapat menjelaskan topik bahasan ketika di jabarkan.

Cat : Uncategorized,

Comment For Beberapa judul seminar yang bisa menjadi acuan

Latest

Related Post